Ilustrasi Kecerdasan Buatan
Ilustrasi Kecerdasan Buatan

makobar.com – Tiongkok telah menyiapkan kantor polisi yang dioperasikan oleh kecerdasan buatan. Pemerintah negara tersebut berencana membuat kantor otomatis ini di salah satu kota besarnya.

Dilansir The Next Web, Senin (13/11/2017), seluruh proses dalam kantor polisi tersebut akan berjalan secara otomatis. Nantinya, kantor ini akan melayani uji coba SIM dengan simulator termasuk pendaftarannya.

Kantor ini akan dibekali dengan teknologi pemindaian wajah yang dikembangkan oleh Tencent. Mengingat seluruhnya dilakukan secara otomatis, masyarakat tak perlu menyiapkan banyak dokumen.

Masyarakat yang datang cukup mengambil gambar, dan seluruh proses akan dilanjutkan secara otomatis. Begitu pula saat selesai melakukan pendaftaran, masyarakat tak perlu lagi kembali ke kantor ini.

Kantor polisi berbasis kecerdasan buatan ini dapat menyelesaikan pengurusan dalam kurun waktu 24 jam dan pembayaran dilakukan secara online.

Dokumen yang sudah selesai juga akan dikirimkan langsung ke rumah dengan memanfaatkan jasa kurir, sehingga masyarakat pun tak perlu kembali untuk mengambil dokumen yang diperlukan.

Karena tak dijalankan oleh manusia, kantor polisi ini akan buka selama 24 jam dalam satu minggu penuh. Dengan demikian, masyarakat yang ingin mengurus dokumen apa pun dapat melakukannya setiap saat. (mc/min)