Android
Android

makobar – Perangkat Android menguasai pasar dibandingkan perangkat dengan sistem operasi (OS) lainnya. Google mencatat, ada 2 juta perangkat Android yang beredar di dunia.

Baca Juga: Apple Mengembangkan Teknologi Baru Untuk Kamera Iphone

Sayangnya dari angka tersebut, perangkat dengan OS Android lawas lebih banyak dibandingkan dengan yang memakai OS terbaru.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Kamis (16/11/2017), sekitar 42 persen perangkat Android tidak pernah diperbarui sejak 2014.

Hardware Engineer Dan Luu mencatat, setidaknya 1 miliar perangkat Android tidak pernah diperbarui OS-nya selama dua tahun terakhir.

Baca Juga: Twitter Akhirnya Kaji Ulang Pemberian Centang Biru

Sekadar diketahui saat ini ada delapan tipe OS Android yang digunakan dan menurut data Android Developers 2017, selama beberapa minggu, dari jumlah Android yang membuka Google Play tercatat ada 0,3 persen perangkat yang menggunakan OS Oreo. Sementara, 21 persen memakai OS Nougat dan 31 persen menjalankan OS Marshmallow.

Sisanya, 27 persen menggunakan Lollipop, 6 persen Jelly Bean, 14 persen KitKat, dan 0,5 persen memakai Ice Cream Sandwich. (mc/min)