Google Hilangkan Fitur View Image, Ini Tanggapan Netizen
Google Office. (Foto/GoogleImages)

MAKOBAR – Google baru-baru ini menghilangkan fitur View Image. Dengan demikian, pengguna tampaknya diarahkan untuk mengakses website terkait dengan gambar dicari oleh pengguna.

Langkah Google menghilangkan fitur view image merupakan respons dari protes yang dilontarkan oleh fotografer dan penerbit, seperti Getty. Mereka melontarkan protes karena merasa Google tidak memperhatikan lisensi gambar.

Setelah melakukan pembicaraan dengan Getty, Google merasa perlu untuk mencabut fitur view image. Google juga mulai menunjukkan informasi hak cipta dan memperbaiki atribusi foto.

Langkah ini dimaksudkan agar pengguna tidak lagi sembarangan menggunakan gambar yang sudah berlisensi. Pengguna juga kini akan diarahkan ke situs tempat gambar tersimpan.

Beberapa warganet langsung melontarkan protes ke Google terkait masalah ini. Menurut mereka, langkah tersebut akan membuat pekerjaan mereka lebih sulit.

“Tombol tersebut merupakan alasan utama aku menggunakan Google Image,” kata @moot_button.

“Walaupun ini demi perlindungan gambar, langkah tersebut sangat mengganggu karena pengguna harus pergi ke situs lain. Tolong kembalikan tombol view image,” kata @moldyolive.

Selain view image, Google juga menghilangkan tombol “search by image” yang selalu muncul saat Anda membuka gambar. (mc/min)