IDC Ungkap Angka Penjualan Google Pixel
Google Pixel (cnet)

Berita Tekno – Google Pixel adalah ponsel pertama yang murni dibuat oleh Google, dan sejak diluncurkan pada Oktober 2016, ponsel ini banyak mendapat pujian sekaligus kritikan. Dan bagaimana angka penjualannya?

Sampai saat ini, keluarga ponsel Pixel sudah ada di pasaran selama 16 bulan dan menurut IDC, Google hanya menjual 3,9 juta unit Pixel dan Pixel 2 selama 2017. Sebagai perbandingan, pasar ponsel global selama 2017 adalah 1,5 miliar unit.

Jadi, angka penjualan keluarga ponsel Pixel itu sangatlah kecil. Terutama jika dibandingkan dengan penjualan iPhone. Angka penjualan Pixel itu hanya setara dengan angka penjualan iPhone selama seminggu, dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (15/2/2018).

Meski nilai penjualannya kecil, namun setidaknya bisnis perangkat keras Google masih terhitung meningkat. Menurut Francisco Jeronimo dari IDC, nilai penjualannya tumbuh dua kali lipat pada 2017, dan jika dibandingkan dengan data dari Kantar Worldpanel, market share Pixel memang meningkat dari 1,8% menjadi 2,8%.

Google masih menunjukkan komitmennya untuk menggarap bisnis perangkat keras tersebut. Terutama setelah mengakuisisi tim desain ponsel HTC senilai USD 1,1 miliar, dan  ponsel Pixel pun kini dikenal sebagai ponsel dengan kamera yang berkualitas tinggi, bahkan selalu menjadi ponsel dengan kamera terbaik setiap tahunnya, menurut DxOMark. (mc/min)